Loading

Kamis, 27 Agustus 2009

keluarga membentuk karakter seseorang

irama kehidupan dalam suatu keluarga dapat membentuk karakter seseorang. Betapa besarnya pengaruh keluarga dalam diri seorang anak dalam masa pertumbuhannya, bahkan hingga perkembangannya di masa dewasa, hingga dapat pengaruhi lingkungan sekitarnya.

Latar belakang keluarga yang membentuk pribadi seseorang, walaupun berbeda namun fitrah sebagai manusia tetaplah sama.

Hubungan sosial dalam masyarakat memungkinkan kita dapat mempelajari banyak karakter manusia yang dibentuk oleh keluarga. Tak perlu terlalu luas jangkauan dalam melihat beberapa karakter, kita cukup perhatikan sahabat terdekat. Mereka tentulah latar belakang keluarganya berbeda.

sebagai contoh seorang anak perempuan yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang orangtuanya lebih memperhatikan kakak laki-lakinya, maka secara tidak langsung mempengaruhi dirinya yang juga ingin diperhatikan. Ia pun bsikap seperti anak laki2 agar dpt perhatian yang sama, maka jadilah anak perempuan yang cukup tomboy dan tidak terlalu memperhatikan penampilan seperti anak perempuan lainnya. ia pun memiliki beberapa sahabat akrab agar dapat perhatian yg tdk didapatnya dalam keluarga.

Lain halnya dengan kisah salah seorang sahabatku yang lain. Ia adalah anak terakhir dalam keluarganya. Kedua orangtuanya sangat menyayangi dan memperhatikannya, begitu pula dengan kakak2nya, mereka hidup dengan penuh kasih sayang. Ketika sedang marah ataupun ada permasalahan, maka keluarga itu pun menyelesaikannya dgn rasa cinta. Mengetahui kebiasaan masing2 anak dan cara mengatasi perubahan emosinya. karena mereka dalam satu keluarga tidak egois dalam meminta perhatian, namun saling memberi kasihsayang dan cinta. Menyadari arti pentingnya keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siapa aja boleh komentar disini,

Terima kasih telah menggunakan bahasa yang santun .. ^_______^