Loading

Kamis, 03 Mei 2012

Menabung Dinar Dirham

Harga emas sejak april hingga awal mei 2012 mengalami penurunan dan merupakan waktu yang tepat untuk menabung emas pada saat ini. Terkait dengan menabung emas yang sedang booming  maka aku pun tertarik untuk mengikuti pergerakan harga emas dari hari ke harinya. Aku memilih untuk menabung logam mulia ataupun  emas perhiasan namun karena menurut beberapa pakar bahwa menabung logam mulia maka aku pun lebih mengutamakan kepemilikan logam mulia (LM). Berhubung lokasi terdekat dari tempat tinggal dan kantor di daerah BSD adalah ITC maka aku biasanya membeli logam mulia di Toko Mas Anugrah, karena memang harganya selalu update selain faktor jaraknya yang dekat.

Toko mas ini hanya menjual LM pecahan terkecilnya adalah pecahan 5 gram dan 10 gram sedangkan yang 1 gram ataupun 3 gram tidak ada, karena tidak setiap bulannya aku mampu untuk mendapatkannya maka kini ku mulai melirik dinar dan dirham, walaupun tidak banyak yang menyarankan untuk berinvestasi pada koin emas dinar dan koin perak dirham. Selain alasan berinvestasi, kepemilikan dinar dan dirham juga sebagai langkah untuk menjayakan kembali perekonomian Islam agar dapat bermuamalah menggunakan mata uang ini.

Wujud koin dirham yang pertama kali ku lihat adalah pecahan 1 dirham dan 50 dirham yang berasal dari Arab Saudi. Sedangkan dinar dan dirham yang dibuat oleh Antam belum pernah aku lihat secara langsung tapi lebih sering melalui dunia maya. yang aku tahu ada pecahan 1/2 dinar (nifsu), 1 dinar, 2 dinar (dinarayn), 1/6 dirham (daniq), 1/2 dirham (nifsu), 1 dirham, 2 dirham(dirhamayn),  5 dirham (khamsa). Untuk tempat jual belinya, yang aku tahu ada 2 lembaga atau organisasi besar yang ada di Indonesia, yaitu Gerai Dinar dan Wakala Nusantara Induk. Gerai dinar terkenal dengan M-Dinar tabungan dinarnya dan menjual belikan dinar dirham bersertifikat Antam, sedangkan Wakala Nusantara menjual belikan dinar dan dirham yang dicetak oleh islamic mint yang mengikuti ketentuan dari World Islamic Mint (WIM).

Harga Dinar dan Dirham Hari ini : 



1 komentar:

Siapa aja boleh komentar disini,

Terima kasih telah menggunakan bahasa yang santun .. ^_______^