Loading

Rabu, 14 November 2012

TIPS BELAJAR EFEKTIF


SOBAT, PERNAHKAH KAMU DENGAR PERNYATAAN, DURASI BELAJAR ITU NGGAK PENTING YANG PALING PENTING ADALAH EFEKTIFITAS BELAJAR. KAMU STUJU? MEMANG, SETIAP ORANG PUNYA CARA SENDIRI DALAM BELAJAR. DAN HASILNYA PUN BERBEDA-BEDA. COBA SIMAK TIPS BELAJAR EFEKTIF BERIKUT
 
1.       PILIH WAKTU YANG TEPAT
Kamu pasti tahu kapan waktu yang tepat untuk belajar, khususnya untuk diri kamu sendiri. Biasanya orang cenderung memilih untuk belajar saat dalam keadaan segar. Tapi ada juga yang sengaja bangun di malam hari untuk belajar. Temukan sendiri timing yang pas buat kamu!

2.       BIKIN SUASANA NYAMAN
Nggak hanya pilihan waktu, suasana pun sangat mendukung efektifitas belajar. Cari tempat yang nyaman dikawasan rumah kamu, bias jadi itu adalah kamar kamu atau bahkan balkon rumah. Misal ga dapet juga, kondisikan suasana hatimu dalam belajar menikmati situasi yang ada. Lama-lama, kamu akan terlatih beradaptasi.
Ingat, suasana tak hanya soal tempat. Tapi juga menyangkut aktivitas pendukung belajar. Ada jenis orang yang ga bisa belajar kalau ga ditemani camilan, adajuga yang justru bisa khusyu’ belajar sambil ndengerin al Quran, dan ada juga yang hanya bisa belajar dalam suasana yang benar-benar tenang. Kamu yang paling tahu, type yang manakah dirimu.

3.       BIKIN DIAGRAM/CATATAN PRIBADI
Nggak semua yang ada dibuku pelajaran atau disampaikan guru kamu penting. Pilih poin-poin utama dan temukan kata kuncinya. Belajar jadi lebih sederhana kalau kaju terbiasa membuat  catatan pribadi berdasarkan poin-poin pokok tadi.

4.       MENGERTI BUKAN MENGHAFAL
Kalau kamu menghafal sesuatu, belum tentu kamu mengerti. Disaat kamu mengerti topic yang kamu pelajar, secara otomatis kamu akan paham. Pemahaman ini ang akan membantu kamu menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, kamu pasti bisa jawab. Memang sih, beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya; baca berulang-ulang, tanpa kamu sadari hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.

5.       AMBIL JEDA WAKTU
Yang namanya bosan dalam belajar sangatlah wajar. Selama proses belajar berikan jeda per sekian menit untuk melakukan aktivitas lain. Seperti berjalan-jalan atau sekedar senam ringan untuk menghilangkan ketegangan otot. Jangan lupa juga sediakan air putih. Belajar juga harus memperhatikan kesehatan lho!


6.       JANGAN DIPAKSA
Belajar yang efektif adalah ketika kamu belajar karena benar-benar ingin belajar. Untuk sampai ke level ini kamu harus disiplin, lama kelamaan kamu akan merasakan belajar tak lagi sebagai beban atau rutinitas melelahkan, tapi lebih sebagai sebuah kebutuhan.

7.       BE CREATIVE!
Media dan sumber belajar saat ini sangat beraneka ragam. Kamu nggak melulu harus mandangin text book. Tapi dengan sedikit usaha kamu bisa menemuka smber dan media yang tepat. Misalnya recording suara, rekaman video, slide presentasi, dan lain sebagainya. Semakin kreatif media yang kamu gunakan, maka kamu akan semakin betah belajar.

8.       GILA BACA
Gemarlah membaca, jangan terbatas pada buku pelajaran sekolah saja. Bacalah buku-buku atau media lain, terutama yang masih berhubugan dengan pelajaran kamu. Sebagian, bisa kamu dapatkan di perpustakaan, baik perpustakaan sekolah atau perpustakaan daerah di kotamu. Dengan banyak membaca, kamu akan mendapat banyak referensi yang tanpa kamu sadari, otomatis tersimpan di otakmu, dan akan membantu sat kamu dihadapkan pada materi belajar yang terkait dengannya.


Itulah beberapa tips belajar efektif. Ada beberapa kondisi yang sebaiknya kamu tidak belajar pada saat itu. Yaitu saat kamu mengantuk, stress berat, dan sakit parah. Beristirahatlah dulu jika sedang mengalami kondisi demikian. Mulailah belajar ketika badan sudah segar dan pikiranmu tenang.
Perlu diingat bahwa hanya kamu yang bisa menentukan cara mana yang paling efektif untuk diri kamu sendiri. Oke, selamat belajar!

: www.majalah-elfata.com edisi 11 volume 12. tahun 2012

1 komentar:

Siapa aja boleh komentar disini,

Terima kasih telah menggunakan bahasa yang santun .. ^_______^