Loading

Senin, 10 November 2014

Perlengkapan Ibu Hamil, Melahirkan, dan Menyusui

Setelah me-list daftar perlengkapan bayi yang banyak banget itu, sekarang malah baru mikirin diri sendiri, perlengkapan hamil, melahirkan, dan menyusui ternyata banyak juga lho.

PERLENGKAPAN HAMIL dan persiapan biaya pengeluarannya kira-kira buat apa aja ya? ini dia listnya:

1. Test Pack--> yang pertama kali dipakai ketika tahu hamil, pasti akan coba lagi beberapa merk lain karena belum yakin ama hasil 2 garisnya. Total test pack yang dibeli biasanya lebih dari 5 dengan berbagai merk, mulai dari yang murah sampai yang paling top harganya.

2. Bra ukuran yang lebih besar dari yang biasanya, karena napas mulai susah dan terengah-engah jadi butuh bra yang bisa membuat napas sedikit lega. atau bisa sekalian bra menyusui supaya lebih hemat.

3. Celana Dalam Hamil --> baru kita butuhin setelah perut mulai membuncit antara usia 4 bulan atau 5 bulan hingga usia kehamilan 9 bulan.

4. Baju yang menyerap keringat, bahan katun yang nyaman.. karena wanita hamil banyak berkeringat dan mudah kepanasan... jadi harus sering-sering ganti baju

5. Rok Hamil --> Rok yang biasanya dipakai sudah agak menyesakkan napas, maka mulai ganti dengan rok yang berkantung dibagian perut agar lebih nyaman.

6. Susu Hamil--> walaupun ga terlalu penting kalo kata dokter tapi cukup penting buat aku pribadi yang lebih susah makan nasi saat hamil jadi minum susu cukup membantu menguatkan tubuh

7. Cek Rutin bulanan ke bidan atau dokter spesialis kandungan Dr. Spog / DSOG. Vitamin dan asam folat tambahan atau penambah darah dan kalsium biasanya diberikan saat cek rutin bulanan. Usia 1-6 bulan kehamilan cek 1 bulan sekali. Usia 7-8 bulan cek 2 minggu sekali. Masuk 9 bulan cek 1 minggu sekali. Kalau cek ke bidan biayanya lebih murah dibawah 100ribu per kedatangan, tapi kalo ke DSOG biasanya antara 200-500ribu sekali datang, tergantung apakah di klinik pribadi dokter yang bersangkutan atau di rumah sakit biasa atau di rumah sakit menengah ke atas. Jika ke bidan akan disarankan untuk suntik tetanus tapi kalau ke dokter di rumah sakit tidak suntik juga tidak apa-apa kalau lahirannya nanti sama DSOG, tapi menyarankan untuk tes lab darah yang ga murah juga biayanya, yaitu kalau tidak salah tes TORCH  penjelasannya bisa baca disini

8. USG dan hasil print fotonya --> biasanya yang baru mau punya anak pertama pengennya USG melulu karena udah kangen pengen liat dede bayinya lagi ngapain di perut mamanya dan apakah pertumbuhannya cukup baik.

9. Makanan yang bergizi, tambahan buah dan sayuran, camilan, dan cadangan makanan sehat karena saat hamil akan sering mual muntah dan sering lapar juga, maka siasati dengan makan makanan yang kita sukai.

10. Senam hamil ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan, agar badan tetap rileks dan bugar karena biasanya mulai sakit punggung dan kaki. Dan juga lahitan persiapan pernapasan untuk kelahiran.

PERLENGKAPAN IBU KETIKA HENDAK MELAHIRKAN ke rumah sakit atau tempat bersalin lainnya.

1. Daster /baju dengan kancing depan
2. Bra menyusui
3. Breast Pad
4. Pembalut maternity/ night long/ menstrual pad cuci ulang
5. Kain/ sarung/ rok
6. Roti/ makanan dan minuman
7. Gurita/ Stagen untuk ibu
8. Baju ganti untuk pulang
9. Perlengkapan Mandi
10. Perlengkapan Bayi untuk 2 hari dan baju ganti bayi dan selimutnya (popok, bedong, alas ompol, perlak, perlengkapan mandi, tas bayi)
11. Sari Kacang Hijau
12. Ekstrak Daun Katuk
13. Susu untuk Ibu menyusui

Ada yang 2 hari atau 3 hari di rumah sakit untuk kelahiran normal dan 3 hari lebih untuk selain normal, jadi sediakan kira-kira cukup untuk 3 hari jika lebih maka siapkan juga dirumah untuk tambahan hari di rumah sakit yang sudah tinggal diangkut oleh suami untuk dibawa kerumah sakit pada hari ketiga. (karena khawatir ada yang ketinggalan jika tidak disiapkan sendiri kan, kalau belanja di rumah sakit biasanya lebih mahal harga-harganya)

PERLENGKAPAN IBU MENYUSUI yang dibutuhkan tidak terlalu banyak karena sudah kita sediakan saat membeli kebutuhan hamil dan kebutuhan bayi seperti :
1. Bra menyusui
2. Breats Pad
3. Menstrual pad untuk masa nifas
4. Baju menyusui dari bahan katun
5. Pompa ASI (jika menyusui lancar dan bukan ibu bekerja dikantor tidak terlalu dibutuhkan)
6. Botol ASI (jika menyusui lancar dan bukan ibu bekerja dikantor tidak terlalu dibutuhkan)
7. Cooler Bag
8. Penghangat ASI
9. Susu untuk ibu menyusui (penting karena ibu banyak kehilangan nutrisi tubuhnya dan kekurangan kalsium juga)

Kebutuhan lain disesuaikan dengan keadaan ibu masing-masing yang berbeda-beda, mungkin jika kelahirannya sesar maka dibutuhkan juga kain kassa untuk ibu dan obat untuk luka sesar serta biaya kontrol ke dokter selama 2 bulan.

Jangan lupa juga untuk menabung selama kehamilan, karena pengeluaran yang tidak sedikit ini. Menyicil sedikit demi sedikit agar tidak terasa berat walaupun memang sudah dijamin rejeki setiap makhluk yang bernyawa, namun kita juga harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan kita dengan sebaik-baiknya dan mengurangi kestresan ibu hamil yang menunggu kelahiran buah hatinya.

Seperti sekarang aku sedang menyicil beli clodi agar kedepannya lebih hemat tidak memakai popok sekali pakai yang tidak sehat dan boros itu. Menyicil juga perlengkapan pernak-pernik bayi dan untuk kebutuhan hamil, Alhamdulillah semua baju longgar-longgar dan hanya butuh rok hamil serta bra menyusui dan cd hamil saja.

Untuk biaya persalinan hasil pencarian dan penelusuran.. jika di bidan untuk kelahiran normal biayanya sekitar 500ribu -1juta, di klinik bersalin untuk normal antara 700ribu- 1,5juta. untuk kelahiran di rumah sakit sekitar jakarta selatan, untuk kelahiran normal mulai dari 5 juta keatas hingga belasan juta maksimal 20 juta. Untuk sesar mulai dari 7juta keatas hingga maksimal 40juta. Tergantung di rumah sakit mana dan kelas mana yang kita ambil. Sesuaikan dengan kemampuan dan tanyakan juga jika kita punya asuransi, rumah sakit tersebut menerima atau tidak layanan asuransinya.  FYI di tangerang yang punya KTP kota Tangerang biaya lahiran normal dan sesar di salah satu rumah sakit swasta gratis tanpa biaya sedikit pun dan tetap dilayani dengan baik. Kalau untuk peserta BPJS masih belum jelas informasinya. Apalagi yang punya BPJS kota A dan ingin lahiran di kota B, belum lagi masalah demo pelayanannya, jadi masih agak rancu, butuh kejelasan informasi nih..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siapa aja boleh komentar disini,

Terima kasih telah menggunakan bahasa yang santun .. ^_______^