Loading

Selasa, 11 November 2014

Review Clodi dan Review DSOG = Hobi Baru Ibu Hamil

Hobi baruku kini selain windows shopping di dumay (dunia maya), kini mampir ke blog ibu-ibu yang bahas tentang review clodi (cloth diapers/ popok cuci ulang dari kain) dan review hasil doctor shoppingnya selama kehamilan. Sering juga berlama-lama di forum ibuhamilcom atau di TUM, nambah informasi seputar kehamilan dan kelahiran serta segala pernak pernik dunia ibu dan anak.

CLODI

Review clodi paling menarik karena berdasarkan pengalaman pribadi ibu-ibu yang memakaikan anaknya clodi sampai akhirnya berjualan clodi jadi resellernya. Dari review-review yang banyak ini jadi tahu apa aja clodi yang bagus dan yang kurang bagus, walaupun memang penilaian masing-masing berbeda alias cocok-cocokkan. Kadang ibu A bilang bagus dan favorit tapi lain lagi dengan ibu B yang favoritnya berbeda. Semuanya tergantung kesukaan dan anaknya, apakah termasuk anak yang tinggi langsing atau yang chuby-chuby menggemaskan.

Kalau ditanya kenapa tertarik clodi? karena clodi lebih aman buat bayi, kalau popok sekali pakai mengandung banyak zat kimia yang berbahaya buat bayi kita untuk penggunaan jangka panjang, dan lagi juga membuat sampah dunia semakin banyak pula dan pastinya boros!!!! Makanya mau cobain nanti ke dede bayiku clodi biar lebih sehat dan lebih hemat!!! 

Clodi ada yang import dan ada yang lokal. Clodi Import ada yang dari USA, Singapura, Australia, China dan Korea, Malaysia, ada juga brand USA tapi dibuat di China. Untuk clodi lokal 100% buatan Indonesia, tapi ada juga clodi lokal yang di jahit di China seperti GNP dari segi harga tentunya yang import jauh lebih mahal daripada yang lokal, kalau buat kualitas belum dicobain ke dede bayinya coz lum lahiran. Tapi dari hasil penelusuran tim setiap hari #halahlebay.. didapatkan ringkasan antara clodi yang bisa dipakai dimalam hari dan yang bisa dipakai di siang or sore hari aja karena tergantung dari daya serapnya. Biasanya yang dipakai buat tidur malam adalah merk-merk import karena ada yang daya serapnya tahan sampai 8 jam lebih. Kalau yang lokal ada yang tahan antara 4-5 jam... itu udah bagus banget buat merk lokal. Diantara favorit ibu-ibu dan yang pengen banget dipunya memang yang merk import, kalau yang lokal bisa buat ganti sering-sering kayak musim hujan sekarang, khawatir clodinya belum kering atau dede bayinya pipis terus karena dingin.

Merk import  berarti selain dari buatan indonesia yang beberapa ibu rekomendasikan adalah BB, FB, MMK, GR, FP, RAR, CB, dengan penilaian skala 1-10, rata-rata diatas 7 nilainya, dan bisa dipake buat bobo malam. Kalau merk lokal yang banyak direkomendasikan adalah cluebebe, GG, Green Nappy dan pempem. dan sebagai teman sejawat clodi adalah alas ompol yang terkenal itu ada 2 yaitu AOR dan AOZ.. nanti aku mau beli ampe 3 lusin kayaknya. Alas ompol tahan 2-3 jam.

Clodi yang sudah ditabung buat dede bayi kelak udah 3, yaitu paket new born, GG lil G warna biru, Cluebebe petite motif batic, n Sheizy motif lebah biru, satu paket harganya 155rb plus ongkir 10rb. Dan yang dalam perjalanan cluebebe pocket classic pinguin (85rb) dapet diskon 15%+ insert largenya(35rb), GG B dipe alphabet(84rb) dapet diskon 15%+liner gg(47rb), Fuzzibunz(280rb) dapet diskon 10% plus ongkir 8rb. (sekarang udah sampe semua).. berikut penampakannya satu persatu:
1. GG Lil G
2. Cluebebe motif batic
3. Sheizy
4. Cluebebe pocket classic

5. Insert cluebebe
6. GG B Dipe
7. Liner GG

8. Fuzzibunz


Next yang pengen dibeli masih banyak..... kayak Blueberry minky dan blueberry deluxe yang insert bamboo n snap, grovia, ramparooz, flip, moo moo kow, charlie banana n green nappy, sepertinya masih 10 clodi lagi yang akan dibeli, karena minimal harus punya 12 kalo buat  yang one size yang bisa sampe 2 tahun, kalo buat yang newborn kan cuma sampe 3 bulan jadi cukup punya 3 aja plus dipakein alas ompol.

UPDATE Januari 2015:
Diusia kehamilan 6 bulan ini udah nambah lagi nih tabungan clodinya buat debay, yaitu ada BB deluxe harga 368rb insert bamboo, RumpARooz insert microfiber, sobi minky insert microfiber 5 buah harganya 400rb plus gratis ongkir. Pempem 4 buah (2 insert microfiber, 2 insert bamboo) diskon 15% dan dikasih buat keponakan 1. GG B Dipenya juga udah di kasih ponakan karena pada ruam popok dispo. Jadi di list ulang ya. yang udah dipunya yaitu: 3 newborn, 2 lusin alas ompol, 3 clodi impor premium, 5 sobi, 3 pempem, 1 cluebebe. Masih mau cari yang diskonan terus nih kayaknya, or bundle paket clodi impor, mau ke lovelytots or athaya. tapi barusan tanya ke athaya katanya KND lagi kosong

Dapat info dan review dari TUM kalo mau nambah clodi impor selain BB, FB, RAR, bisa coba bumgenius artist 4.0, happy heinys, knicker nappies (KND) insert loopy doo. yang lokal bisa iconic, econobum, ecobum, emphilia buat newborn. Kalo udah buka TUM bawaannya pengen liat olshop mulu. Pengen punya macam-macam merk clodi.

Dan buat mamanya beli rok hamil panjang berkantung katun dan berkaret (95rb). Belanja onlinenya baru segithu, masih ada 2 OL yang masih pending, nunggu tabungan terisi dulu. Selama hamil ini emang ga bisa kemana-mana karena si ayah sedang sibuk jadi ga bisa anter-anter buat belanja, jadi belanjanya sementara onlen dulu atau mungkin onlen terus sampe ke semua perlengkapan bayi dan ibu hamil serta menyusui lengkap,hehehe, nikmatin aja dulu windows shoppingnya, lumayan ga usah capek keluar rumah, tinggal buka laptop n onlen sepuasnya.. atau onlen via hp dengan opera mini..

DSOG

Banyak sih DSOG yang recomended di sekitar sini wilayah jaksel, tapi kebanyakan dokter cwo, maunya kedepan ama dokter cwe, mampir sana sini blog dan forum nemu 2 nama yang sepertinya akan cocok. Kalo dokter cwo yang pertama ketemu namanya dr. Chandra A. SpOg dinasnya di RSB Duren Tiga. dan dokter cwe yang udah dicari tau ampe cari-cari fotonya dan pengalaman ibu-ibu yang udah pernah lahiran ketemulah nama dr. Botefilia SpOg dan dr. Ika SpOg dari RS Asri Duren Tiga. Dokter cwenya dua2nya berjilbab dan pengalaman ibu-ibu yang pernah konsul dan lahiran bareng cukup bagus, dokternya pro lahiran normal dan IMD, baru mau jadwalin konsul ama mereka nih.

Buat lahiran dimana kayaknya tergantung dari dokter yang kita pilih, itu sih masalahnya, kadang milih rumah sakit A tapi dokternya di rumah sakit B, kan bingung kita. Atau bisa juga kita pilih rumah bersalin atau klinik bersalin dengan bidan dan dengan biaya yang jauh lebih murah jika kandungan sehat-sehat saja dan pastinya melahirkan normal. Karena biaya rumah sakit itu berkali-kali lipat temans.... 2 juta di bidan,(normal)  10-20 juta lebih, bahkan ada yang sampe 40 juta di dsog di rumah sakit. (biaya yang diperkirakan kemungkinan normal ataupun sesar)....


Atau pengennya sih kayak ibu-ibu di luar negeri or di kampung-kampung yang bisa melahirkan dirumah sendiri, tinggal minta bantuan bidan atau dsog buat kerumah kita. Bahkan orang-orang bule tuh ada yang waterbirth sendiri di rumahnya.. ampun dah.. ampe di video-in di youtube lagi. Bener-bener delivery by self .  Kok bisa ya????? udah kayak di pedalamannya Indonesia ibu-ibunya melahirkan sendiri tanpa bantuan orang lain, hanya dibekali pisau kecil oleh suami mereka untuk memotong tali pusarnya baby (pernah nonton acara di tv tentang suku pedalaman).

Masalah melahirkan dimana dan ama siapa masih galau #kayakabege. Coz sebenernya punya kakak bidan di Jawa tengah yang jadi bides, tapi lum bisa pastiin bisa ke jakarta ato ga pas HPL nanti. Orangnya sih mau banget bantuin persalinan aku, tapi waktu dan situasinya nanti yang belum pasti. Pastinya kalo bisa itu sangat-sangat menghemat biaya..bisa buat keperluan baby selanjutnya.

Semoga kelak lahiran normal n lancar dan mamanya n dede bayinya sehat.. aamiiiiinnnnnn....






2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mb widya, maaf bantu ralat klo econobum merk import usa mba, yg lokal ecobum. Namanya mirip ya he.. tp kualitas clodi ecobum jempol lho g kalah sama yg import, aku udah pake dan puas bgt.

    BalasHapus

Siapa aja boleh komentar disini,

Terima kasih telah menggunakan bahasa yang santun .. ^_______^