Loading

Rabu, 24 Desember 2014

Clodi Lokal VS Clodi Impor

Tetiba galau antara clodi lokal vs clodi impor gara-gara baca blognya ibu-ibu dan review sana-sini. Walaupun lagi rame Year End Sale, tapi yang namanya clodi impor tetap aja mahal pake banget. Apalagi melihat kondisi cuaca yang tak menentu ini, sebentar panas lalu tiba-tiba hujan deras. Kapan cucian keringnya?

Kalo mau nabung clodi impor ga bisa dalam waktu dekat dan stock yang banyak pastinya, walaupun pengennya sih 70:30 antara impor dan lokal. Tapi kenyataannya sampe usia kandungan 5 bulan, baru punya clodi impor 2 ama clodi lokal 5. Katanya kalo clodi impor bisa bertahan 5-6 jam jadi sehari harus punya 4 clodi impor dan untuk stock 2 hari, jadinya 4x3 = 12 clodi impor. Clodi lokal bertahan rata-rata 3 jam walaupun katanya ada yang sampe 5 jam, maka sehari butuh 6 sampai 8 clodi, dan stock untuk 2 hari, jadi harus punya clodi minimal 6x3 = 18 clodi atau maksimal 8x3=24 clodi lokal.

Dilihat dari harga sich jelas lebih murah lokal karena harga berkisar antara 75ribu (yg udah bagus ya) sampai 135 ribu. Jika rata-rata 100ribuan maka clodi lokal 18x100rb = Rp.1.800.000-an kurang. Kalo impor harganya mulai dari 200rb-415rb. kalo di rata-rata 300rbx10 clodi maka jadi Rp.3 juta-an.

Belum termasuk tambahan insert, liner, prefold dan aksesoris clodi lainnya ya. Kalau ada budget lebih mungkin secara pribadi akan milih yg impor karena selain kualitas, modelnya juga lucu-lucu dan katanya lebih awet kalau berniat untuk diwariskan buat adik-adiknya. Tapi apapun itu mau merk lokal ataupun impor yang jelas lebih aman buat anak daripada popok sekali pakai.

Apalagi kebutuhan baby masih banyak banget nih, bukan cuma clodi aja. Kebutuhan ibunya juga banyak. Jadi mari kita berpikir kembali. Menahan diri untuk berbelanja online.... tapi tetap akan belanja online cuma lebih diseleksi lagi barang-barang kebutuhan baby dan momnya.

Kalo dalam waktu dekat bisa borong beli yang lokal dulu sambil nabung yang impor tiap bulan beli satu atau dua buat koleksi seiring bertambahnya usia anak, karena clodi yg all size juga baru bisa dipake ketika babynya usia 1 bulan atau 2 bulan keatas. Jadi sebulan pertama bisa pake yang lokal dulu dipadukan dengan alas ompol sebagai insert. Dan seminggu lahiran pake alas ompol pake peniti bayi kayak yang di film-film kartun githu.. Biar ada tenaga buat nyuci popoknya abis melahirkan kelak, coz lum ada yang bantu-bantu dirumah nih. Jadi siapkan diri, habis dede bayi pipis or pupup langsung cuci.. biar ga numpuk.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siapa aja boleh komentar disini,

Terima kasih telah menggunakan bahasa yang santun .. ^_______^